Afif, Afthonul (2020) Hubungan Profesionalisme Guru PAI dengan Kecerdasan Emosional di MTs Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (499kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (740kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (575kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (578kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (254kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: a) mengetahui profesionalisme guru PAI di MTs Ma’ahid Kudus, b) mengetahui kecerdasan emosional sisiwa di MTs. Ma’ahid Kudus, c) mengetahui hubungan profesionalisme guru PAI dengan kecerdasan emosional siswa di MTs Ma’ahid Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah korelasional (correlational studies) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas. Hasil dari uji tersebut yaitu: Uji normalitas sebesar 0,987 > 0,05, hasil tersebut menunjukan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji linearitas sebanyak 0,00 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa dua variabel mempunyai hubungan yang linear. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profesionalisme Guru PAI di MTs. Ma’ahid Kudus menunjukkan presentase sebesar 56,67% pada kategori sangat baik. (2) Kecerdasan Emosional Siswa di MTs. Ma’ahid Kudus dapat dikatakan baik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan analisis deskriptif yang ditunjukkan dengan presentase sebesar 60% pada kategori baik. Adapun uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment karena untuk mengetahui hubungan profesionalisme guru PAI dengan kecerdasan emosional siswa. (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai correlation table tersebut sebanyak 0,612 atau dipersenkan menjadi 61,2%, jadi korelasi variabel profesionalisme guru PAI dengan kecerdasan emosional siswa dapat dinyatakan positif maka hubungannya searah. Sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel profesionalisme guru PAI dengan kecerdasan emosional siswa di MTs. Ma’ahid Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme Guru PAI, Kecerdasan Emosional Siswa |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 08:07 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 08:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |