Pengembangan Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Bagi Kelas V MI NU Ittihadul Falah Kedungdowo Kaliwungu Kudus

Ristiyani, Dewi (2020) Pengembangan Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Bagi Kelas V MI NU Ittihadul Falah Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (816kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (982kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (730kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kedisiplinan siswa kelas V MI NU Ittihadul Falah. (2) Pembiasaan shalat dhuhur berjamaah di kelas V MI NU Ittihadul Falah. (3) Pengembangan kedisiplinan siswa melalui pembiasaan kegiatan shalat dhuhur berjama’ah pada siswa kelas V MI NU Ittihadul Falah. (4) Keberhasilan pengembangan kedisiplinan siswa melalui pembiasaan kegiatan shalat dhuhur berjama’ah pada siswa kelas V MI NU Ittihadul Falah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI NU Ittihadul Falah sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pengembangan kedisiplinan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di MI NU Ittihadul Falah Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa di kelas V MI NU Ittihadul Falah Kedungdowo Kaliwungu Kudus yaitu berjalan dengan baik seiring adanya tata tertib yang berkaitan dengan siswa seperti berseragam, tata tertib dalam pembelajaran, dan tata tertib dalam mematuhi aturan madrasah, dan sedikit memaksakan karena kurang sadarnya murid mengenai kesunahan berjamaah dan manfaat sholat dhuhur berjamaah yang menjadikan lebih baik dan bertumbuhnya rasa kedisiplinan di madrasah. (2) Pembiasaan shalat dhuhur berjamaah di kelas V MI NU Ittihadul Falah ini telah terjadwal. Selain itu, guru menertibkan siswa mulai dari bersuci, hingga menjelang pelaksanaan agar sisa tertib mengikutinya. Pelaksanaan shalat dhuhur diberi jadwal saat istirahat kedua, agar senantiasa disiplin dalam menjalankan beribadah. (3) Pengembangan kedisiplinan siswa melalui pembiasaan kegiatan shalat dhuhur berjama’ah di kelas V MI NU Ittihadul Falah yaitu anak diwajibkan mematuhi tata tertib, mulai dari masuk sekolah, mengikuti pelajaran, menghormati guru dan teman, dan mengikuti shalat dhuhur berjamaah. Karena dengan begitu siswa akan selalu disiplin dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (4) Keberhasilan pengembangan kedisiplinan yaitu anak akan senantiasa disiplin dalam semua kegiatan, adanya anjuran secara kontinyu, dan menerapkan sikap tertib mengikuti aturan madrasah, juga adanya pantauan dari guru dalam melaksanakan shalat dhuhur berjamaah, dan anjuran shalat fardlu berjamaah dalam kehidupan sehari-hari, juga kesadaran siswa itu sendiri yang dapat membantu menanamkan kedisiplinan pada siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang singkat dalam pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah, akibatnya waktu pulang sekolah pembelajaran mengalami pergeseran, adanya siswa yang tidak mengikuti aturan shalat berjamaah karena terlambat dalam mengikuti shalat dhuhur berjamaah, serta tempat shalat dimasjid karena ruang musholla digunakan sebagai ruang kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kedisiplian, pembiasaan, shalat dhuhur.
Subjects: Fiqih > Ibadah > Shalat
Fiqih > Ibadah > Shalat > Shalat Fardhu Lima Waktu
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:50
Last Modified: 25 Aug 2021 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item View Item