Keefektivan Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus

Widiasih, Kurnia Noor (2020) Keefektivan Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (649kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (707kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021 yakni pada ruang lingkup kelas IV. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas IV yaitu 33 siswa, kemudian diambil sampel 17 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan alat peraga dakon matematika (Dakota) pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas IV di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan tepat, hal itu didapatkan nilai sebesar 18,25 (µ = 18,25), karena nilai tersebut terletak pada rentang interval 18 – 21. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas IV di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan tepat, hal itu didapatkan nilai sebesar 72 (µ = 72), karena nilai tersebut terletak pada rentang interval 72 – 75. (3) Terdapat efektivitas yang positif dan signifikan antara penggunaan alat peraga dakon matematika (Dakota) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada uji regresi, uji F, dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Pada uji regresi diperoleh rhtung sebesar 0,841 dan rtabel sebesar 0,482 sehingga hasilnya adalah rtabel < rhtung (0,482 < 0,841) maka µ1 diterima. Kemudian dengan menggunakan perhitungan uji F diperoleh Ftabel < Fhtung (4,543 < 36,191) maka µ1 diterima. Yang terakhir dengan menggunakan perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 6,016. Kemudian keputusan pengujian diambil dengan cara membandingkan antara thtung dengan ttabel karena thtung lebih besar dari ttabel (6,016 > 1,746) maka µ1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Dakon Matematika (Dakota), Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:55
Last Modified: 26 Aug 2021 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item