Implementasi Model Pembelajaran Edukatif, Observasi, Panel dan Kreatif pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Zuhron, Moh (2020) Implementasi Model Pembelajaran Edukatif, Observasi, Panel dan Kreatif pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran edukatif, observasi, panel dan kreatif pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA NU Miftahul Falah, untuk mendeskripsikan kendala dalam mengimplementasikan model pembelajaran edukatif, Observasi, panel dan kreatif pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA NU Miftahul Falah, dan untuk mendeskripsikan solusi kendala dalam mengimplementasikan model pembelajaran edukatif, observasi, panel dan kreatif pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA NU Miftahul Falah. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field reseach). Yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan di lembaga tertentu, pengumpulan datanya langsung dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model edukatif, observasi, panel dan kreatif pada mata pelajaran pembelajaran fiqih di Kelas XI MA Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus telah dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pengorganisasisan, pelaksanaan dan evaluasi. Sehingga dalam prakteknya dapat dilaksanakan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara ceramah, tanyajawab, demonstrasi, karyawisata, penugasan, pemecahan masalah, diskusi, simulasi, eksperimen, penemuan, dan proyekatau unit. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan tenaga pengajar, keterbatasan pengetahuan tentang model pembelajaran, sistem penerapan, teknologi, waktu, biaya dan keterampilan menggunakan media belajar berbasis teknologi. Solusi yang dapat diterapkan dalam menghadapi kendala yang sedang dihadapi oleh para dewan guru fiqih sangat variatif, yakni apabila kendalanya terletak pada keterbatasan pengetahuan guru dapat diatasi dengan aktif dalam ikut serta kegiatan KKG, diklat, workshop, dan kegiatan-legiatan lain yang dapat menunjang kemampuan guru. Apabila kendala tersebut berupa waktu dan biasa, maka solusinya dapat dengan memaksimalkan waktu dan sarana pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Edukatif, Observasi, Panel, Kreatif, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:13
Last Modified: 26 Aug 2021 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item