Pengaruh media pembelajaran Karikatur Humor Terhadap Kecerdasan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajara Aqidah Akhlak Di MTs Roudlotut Tholibin Jekulo Kudus Tahun 2019/2020

Roziqin, Khoirur (2019) Pengaruh media pembelajaran Karikatur Humor Terhadap Kecerdasan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajara Aqidah Akhlak Di MTs Roudlotut Tholibin Jekulo Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (28MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (932kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat dan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecerdasan kognitif siswa yang menggunaan media pembelajaran karikatur humor . (2) untuk mengetahui kecerdasan kognitif siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran karikatur humor. (3) untuk mengetahui perbedan kecerdasan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran karikatur humor dan yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran karikatur humor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen model true eksperimental design dengan bentuk control Pretest-Posttest, desain ini menunjukan istilah hubungan sebaab akibat. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Roudlotut Tholibin Jekulo Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB sejumlah 45 peserta didik, kemudian, kemudian diambil sampel sebesar 40 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Tekni yang di gunakan untuk menguji Hipotesis adalah uji normalitas, uji linearitas, kemudian mengunakan uji statistik mengunakan uji komparatif dua sample (1) kecerdasan kognitif pada kelas Eksperimen meningkat, Hal ini di tunjukkan dengan pengingkatan hasil nilai dari sebelum pembelajaran pretes dengan nilai rata-rata mean ( 56,25 ) di bandingkan dengan pembelajaran yang sudah menggunakan media pembelajaran karikatur humor posttest dengan nilai rata-rata mean ( 71,40 ) hasil tersebut di katakan efektif. (2) kecerdasan kognitif pada kelas kontrol di katakan masih kurang, hal ini di tunjukan dengan hasil nilai rata-rata kelas kontrol pretes ( 56.00 ) dan setelah pembelajaran konvesional (ceramah) tidaak menggunakan karikatur humor posttest dengan nilai rata-rata mean ( 60,25 ) hasil tersebut masih di katakan kurang. (3) Kecerdasan Kognitif siswa mengalami perubahan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal itu diperkuat Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan, terdapat perbedaan hasil nilai siswa antara kelas kontrol dan eksperimen diperoleh t hitung sebesar 4.233 dibandingkan dengan harga t table (dk)= n-l, 20-1=19 dan taraf kesalahan= 5% ternyata harga t table (2.085). Karena t hitung lebih kecil dari t table (4.233 >2.085) maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat di simpulkan pembelajaran dengan menggunakan media karikatur humor pada mata pelajaran aqidah akhlak di mts roudlotut tholibin mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Karikatur Humor, Kecerdasan Kognitif siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:07
Last Modified: 27 Aug 2021 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item