Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VIII Di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Devi, Trisa (2019) Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VIII Di MTs NU Matholibul Huda Soco Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (533kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (887kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (994kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (522kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII di MTs NU Matholibul Huda. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VIII di MTs NU Matholibul Huda. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala madrasah, guru mata pelajaran Al-Quran Hadis, 3 peserta didik kelas VIII, observasi di MTs NU Matholibul Huda Kudus, dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction) berupa hal-hal pokok yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori pada mata Al-Quran Hadis di kelas VIII yaitu implementasi strategi pembelajaran ekspositori, menghubungkan materi dengan pengalaman yang dialami oleh peserta didik maupun pengetahuan yang dimilikinya, interaksi belajar antara guru dengan peserta didik, penyajian data (data display) berupa interaksi belajar antara guru dengan peserta didik melalui menghubungkan materi dengan pengalaman yang dialami oleh peserta didik maupun pengetahuan yang dimilikinya, sehingga peserta didik dapat menguasai materi, dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori dimulai dari guru menyiapkan RPP, kemudian guru melakukan interaksi berupa mengaitkan materi dengan pengetahuan peserta didik, setelah itu guru memberikan tugas kepada peserta didik. Interaksi dalam strategi pembelajaran ekspositori membuat mereka lebih mudah menguasai materi dan dibuktikan dengan tugas yang dikerjakan peserta didik. 2) Adanya beberapa faktor dalam pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori yang meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung: a) Konsentrasi peserta didik; b) Penguasaan materi dan kelas oleh guru; c) Kondisi kelas yang kondusif. Faktor Penghambat: a) Rasa jenuh; b) Hilangnya konsentrasi; c) Sikap malu bertanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Ekspositori, Al-Quran Hadis, Interaksi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:14
Last Modified: 27 Aug 2021 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item