Sa’adah, Khotimatus (2021) Implementasi Ekstrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun sebagai penguat Mata Pelajaran Fiqih Bab Fiqih Pernikahan dalam Islam Peserta Didik kelas XI di MA Darul Hikam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (760kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (831kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (423kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (301kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Mata Pelajaran Fiqih adalah Mata Pelajaran yang penting. Pembelajaran Fiqih di MA Darul Hikam dilaksanakan dalam waktu hanya 2 jam mata pelajaran atau 45 menit kali dua, dalam satu minggu. Peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran Fiqih memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Ada yang bisa langsung bisa memahami pelajaran, dan ada yang tidak bisa langsung menerima pelajaran. maka untuk itu diperkuat dan ditambahkan dalam ekstrakuliker ngaji kitab Qurrotul Uyun di MA Darul Hikam. Harapan terbesarnya adalah peserta didik bisa maksimal dalam belajar Mata Pelajaran Fiqih dan bisa mengerti dan memahami mata pelajaran Fiqih, khususnya materi Fiqih Munakahat bisa dikuatkan lagi melalui ektstrakulikuler ngaji kitab. Dari permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Fiqih di MA DArul Hikam; 2) Untuk mengetahui Bagaimana Implementasikan Ekstrakulikuler ngaji Kitab Qurrotul Uyun di MA Darul Hikam sebagai penguat Mata Pelajaran Fiqih Bab Pernikahan dalam Islam; Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan guru Ekstrakulikuler ngaji kitab di MA Darul Hikam Undaan Kudus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Fiqih Pernikahan dalam Islam di kelas XI MA Darul Hikam terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran Fiqih terdiri dari tiga tahap, yaitu kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan menggunakan strategi, bahan ajar, media, pendekatan, dan metode yang bervariasi. 2) Implementasi kegiatan Ekstrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun yang diterapkan untuk penguat Mata Pelajaran Fiqih Bab Pernikahan dalam Islam relevan jika diberikan kepada peserta didik Kelas XI MA Darul Hikam. Dibuktikannya dengan peserta didik yang mengikuti Ekstrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun adalah anak yang pandai dan memiliki pemahaman terhadap mata pelajaran Fiqih lebih baik daripada yang lainnya. Mata pelajaran fiqih dan Ektrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun sama sama membahas tentang pernikahan dalam Islam, sehingga jika peserta didik bersungguh-sungguh belajar mata pelajaran Fiqih dengan diimbangi mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun maka akan lebih memudahkan dirinya dalam menerima dan mehamami mata pelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakulikuler ngaji kitab Qurrotul Uyun, Mata Pelajaran Fiqih Bab Pernikahan dalam Islam. |
Subjects: | Fiqih Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4983 |
Actions (login required)
View Item |