Analisis Penilaian Autentik Berbasis Produk Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 SDIT Al-Islam Kudus

Rosyidah, Aprilia Sabela (2021) Analisis Penilaian Autentik Berbasis Produk Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 SDIT Al-Islam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (893kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (537kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (980kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan penilaian autentik berbasis produk pada pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat dalam penilaian autentik berbasis produk pada pembelajaran Bahasa Indonesia, 3) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah maupun guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan penilaian autentik berbasis produk pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas 5, dan peserta didik kelas 5. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penilaian autentik berbasis produk pada pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan penilaian terhadap produk iklan elektronik atau video iklan bertemakan makanan sehat atau kebiasaan sehat yang dibuat oleh siswa dengan menilai proses dan hasil, serta penilaian dilakukan dengan 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan produk (proses), dan tahap penilaian produk (appraisal). 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penilaian autentik berbasis produk pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu faktor pendukung meliputi: kesadaran siswa, dukungan orangtua, dan sarana prasarana, dan faktor penghambat meliputi : pandemi era yang menyebabkan siswa jenuh belajar sendiri, dan banyak orangtua yang bekerja sehingga kurang bisa memantau belajar anak. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat yaitu upaya terhadap siswa meliputi: memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, melakukan pertemuan tatap muka secara online setiap satu pekan sekali melalui zoom atau videocall, memberikan lembar mutaba’ah yaumiyyah (laporan ibadah sehari-hari), mengingatkan protokol kesehatan, kejujuran dan kedisplinan. Sedangkan upaya terhadap orangtua meliputi : homevisit, menyatukan visi misi pembelajaran di masa pandemi, mengadakan seminar parenting wali murid, memahamkan orangtua tentang penanaman karakter jujur, disiplin dan kebersihan akidak di rumah, serta menjalin kerjasama kepada orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Penilaian Produk, Bahasa Indonesia, Iklan Elektronik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:33
Last Modified: 03 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item