Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di MTs.Miftahul Huda Jleper

Kurniasih, Arum (2019) Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di MTs.Miftahul Huda Jleper. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi metode SQ3R pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Jleper, dan juga hasil dari penerapan metode SQ3R pada mata pelajaran SejarahKebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Jleper. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adala sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Jleper, berjalan sesuai harapan, yaitu sesuai dengan kurikulum 2013 dengan perencanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun oleh guru pengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelumnya dengan alokasi waktu yang telah ditentukan, dengan media yang disesuaikan dengan materi. Metode SQ3R merupakan metode yang membantu siswa berpikir tentang teks yang sedang mereka baca. Metode ini bisa dilakukan oleh indivudu ataupun kelompok. Hasil pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah adanya penerapan metode SQ3R pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Jleper, menurut peneliti, telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan guru pengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menyatakan bahwa para siswa mampu memahami dengan baik materi yang diajarkan, siswa juga mengalami peningkatan dalam hal nilai akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:44
Last Modified: 07 Sep 2021 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item