Korelasi Kemandirian Belajar Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Pati

Sa’adah, Ainus (2021) Korelasi Kemandirian Belajar Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (947kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (671kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas XI saat pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Pati, 2) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI saat pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan 3) Apakah terdapat korelasi positif antara kemandirian belajar saat pandemi Covid-19 dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Pati. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi sederhana. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 2 Pati pada tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah keseluruhan populasi sebanyak 269 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 161 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis secara statistik menggunakan bantuan program SPSS windows release 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas XI saat pandemi Covid-19 di MAN 2 Pati berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor kemandirian belajar sebesar 83,99. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI di MAN 2 Pati saat pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam berada pada kategori sedang dengan rata-rata nilai hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 54,17. 3) Terdapat korelasi positif antara kemandirian belajar saat pandemi Covid-19 dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN 2 Pati dengan nilai sig. (2-tailed) pada taraf kesalahan 5% sebesar 0,022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Saat Pandemi Covid-19, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:38
Last Modified: 09 Sep 2021 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item