Kreativitas Guru dalam Mengajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus)

Andriani, Lia Fitri (2021) Kreativitas Guru dalam Mengajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (717kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (869kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (898kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus. (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung kreativitas guru dalam mengajar Sejarah Kebudayaan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) kreativitas guru dalam mengajar Sejarah Kebudayaan Islam (2) faktor penghambat dan faktor pendukung kreativitas guru dalam mengajar Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengambil data secara mendalam tentang keadaan yang terjadi di tempat penelitian. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas VIII A MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kreativitas guru dalam mengajar Sejarah Kebudayaan Islam berupa (1) kreativitas guru dalam mengelola kelas (2) kreativitas guru dalam menggunakan strategi pembelajaran (3) kreativitas guru dalam menggunakan media dan metode (4) kreativitas guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Sedangkan terdapat faktor penghambat kreativitas guru berupa (1) karakteristik peserta didik yang berbeda-beda (2) kurangnya motivasi dalam pembelajaran. Selain itu, faktor pendukung kreativitas guru berupa (1) sarana dan prasarana (2) kerjasama antar guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru dan Mengajar Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:31
Last Modified: 09 Sep 2021 03:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item