Strategi Dakwah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Rembang dalam Mempertahankan Kuantitas Mad’u pada Program Ke-NU-an di Radio Nur FM Rembang

Wijanarko, Moh. Lilik (2019) Strategi Dakwah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Rembang dalam Mempertahankan Kuantitas Mad’u pada Program Ke-NU-an di Radio Nur FM Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (489kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (825kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui Strategi Dakwah LDNU Rembang melalui Radio Nur FM Rembang dalam Program Ke-NU-an. Penelitian ini bertujuan 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi dakwah LDNU Rembang melalui Radio Nur FM Rembang dalam program Ke-NU-an. 3) untuk mengetahui efektifitas strategi dakwah Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Rembang dalam menaikkan kuantitas pendengar siaran radio pada program Ke-NU-an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Radio Nur FM Rembang. Subjek dalam penelitian ini adalah Direktur Utama PT. Radio Nahdlah, operator program Ke-NU-an, dan mad’u program Ke-NU-an. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Strategi Dakwah LDNU Rembang di Radio Nur FM Rembang dalam program Ke-NU-an yaitu sebagai berikut: a) Perencanaan tayang dua kali dalam satu pekan. b) Peluang program pertama di Jawa Tengah, dan satu-satunya diakui se-kabupaten Rembang, serta mayoritas warga beraliran Nahdlatul Ulama. Sedangkan kompetisi kurangnya pendanaan, iklan yang sedikit pengurangan penayangan program Ke-NU-an menjadi dua hari dalam satu minggu. c) Penyusunan program yaitu berkaitan dengan jadwal. d) Penyajian program melalui channel Radio Nur 88.5 FM pada pukul 20.00 - 21.00 WIB. e) Pengawasan program yaitu diawasi oleh direktur utama PT. Radio Nahdlah. f) Evaluasi program masih banyak kekurangan dari segi pendanaan, penayangan program Ke-NU-an diganti dengan musik islami kurang efektif, penggunaannya media sosial belum optimal. Kedua, strategi dakwah LDNU Rembang dalam menaikkan kuantitas pendengar siaran radio pada program Ke-NU-an tidak efektif. Ketiga, faktor pendukung yaitu; a) Daya langsung yaitu melalui channel Radio Nur 88.5 FM juga bisa melalui Instagram dengan alamat: nurfm_rembang. b) Daya tembus, melalui Instagram dengan nama nurfm_rembang, Youtube dengan nama NUR FM Production, Website dengan alamat www.nurfmrembang.com, dan Fanspage: Radio NUR FM Rembang. c) Daya tarik melalui; penggunaan musik, operator program yang handal, sarana prasarana pendukung efek suara dan evaluasi program. Sedangkan faktor penghambat yaitu; Kurangnya pendanaan, Banyaknya pengeluaran untuk membayar narasumber, Berkurangnya pendengar setia, Pada daya tembus youtube dan website tidak dijalankan dengan baik atau tidak terupdate

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Program Ke-NU-an, LDNU Rembang
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:49
Last Modified: 14 Sep 2021 07:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item