Kholifah, Zulfia (2019) Pengaruh Penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) terhadap Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Jatikulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (872kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan 3R atau Reduce, Reuse, Recycle (2) Untuk mengetahui karakter peduli lingkungan (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) terhadap perkembangan karakter peduli lingkungan peserta didik. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di SDN 1 Jatikulon. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Penerapan 3R sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi penerapan 3R lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang ada di tabel yaitu sebesar 0,546 > -1,746. Selain itu berdasarkan nilai hipotesis deskriptif penerapan 3R dalam kategori “cukup baik” (2) Penanaman karakter peduli lingkungan sangat efektif dalam menumbuhkan budi pekerti luhur pada peserta didik karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung karakter peduli lingkungan lebih besar dari nilai Ftabel yaitu sebesar 11,056 > 3,74. Selain itu berdasarkan nilai hipotesis deskriptif karakter peduli lingkungan di SDN 1 Jatikulon pada kenyataannya dalam kategori “baik” (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan 3R terhadap perkembangan karakter peduli lingkungan sebesar 42,4% dengan model persamaan regresi Y’ = 9,590 + 0,869.X. Sedangkan nilai korelasi antara penerapan 3R terhadap karakter peduli lingkungan peserta didik adalah senilai 0,651 yang masuk dalam rentang interval 0,61 – 0,80 dalam kategori “tinggi” dengan taraf signifikansi Fhitung > Ftabel (11,05 > 3,74) dan taraf signifikansi thitung > ttabel (3,325 > 1,746)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan Karakter Peduli Lingkungan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 02:22 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 02:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5188 |
Actions (login required)
View Item |