Pengaruh Penggunaan Media LCD Proyektor Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Khoiriyah, Puja Risma (2019) Pengaruh Penggunaan Media LCD Proyektor Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (537kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (399kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan LCD Proyektor pada mata pelaajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara, (2) Untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan LCD Proyektor terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu peneliti yang menggunakan analisis data yang berbentuk angka. Dengan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian adalah pembelajaran PAI di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara. Dalam penelitian ini terdapat populasi 150 siswa, peneliti mengambil sampel 105 siswa. Hasil analisis data hasil angket pengunaan media LCD proyektor mempunyai mean (rata-rata) bernilai 98,6. Hasil tersebut menempati interval 89-98 dengan kategori sangat baik. Analisis data hasil ulangan harian mempunyai mean (rata-rata) bernilai 81,42. Hasil tersebut menempati interval 79-86 kategori baik. Berdasarkan analisa data hasil angket menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media LCD proyektor terhadap kemampuan kogitif siswa pada mata pelajaran PAI.Hal ini terbukti dari penilaian F hitung yang lebih besar dari F tabel (215,568 > 7,863). Dengan demikian ada pengaruh penggunaan media LCD proyektor terhadap kemampuan kogitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Islam Al-Hikmah Mayong dapat diterima. Kontribusi tersebut ditunjukkan oleh penggunaan media LCD proyektor dalam mata pelajaran PAI mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara sebesar pengaruh variabel X (penggunaan media LCD proyektor) dalam variabel Y (meningkatkan kemampuan kognitif siswa) adalah sebesar 62,9%. Sedangkan sisanya 100% - 62,9% = 37,1% lagi merupakan pengaruh variabel lain di luar penggunaan media pembelajaran berbasis media LCD proyektor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media LCD Proyektor, Kemampuan Kognitif Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:23
Last Modified: 20 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item