Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs NU Baitul Mukminin Kudus 2019/2020

Maghfuri, M. Anif (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture dan Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs NU Baitul Mukminin Kudus 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (596kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture dan resitasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU Baitul Mukminin. 2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII menggunakan model picture and picture dan resitasi di MTs NU Baitul Mukminin Kudus. 3) Pengaruh model pembelajaran picture and picture dan resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs NU Baitul Mukminin. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu melakukan penelitian untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden yang berada di tempat tersebut. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Baitul Mukminin Kudus kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 peserta didik kemudian diambil sampel 5% yakni 44 peserta didik menggunakan teknik simple random sampling. Dalam teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture dan hasil belajar dalam kategori cukup yang diperoleh nilai 54,5 sedangkan untuk resitasi diperoleh nilai sebesar 56,7 dalam kategori baik. 2) Terdapat nilai hasil belajar dari model picture and picture dan resitasi dengan nilai koefesien deterrminasi sebesar 255%, dan nilai korelasi sebesar 0,505 termasuk dalam kategori sedang dengan interval 0,40-0,599, sedangkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (14382>4085) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan dalam proses hasil belajar. 3) Hipotesis model pembelajaran picture and picture dan resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, di buktikan dengan nilai koefesien determinasi sebesar 317%. Sedangkan hasil analisis regresi ganda untuk mengetahui taraf signifikansi sebesar 9,519, nilai signifikansi Fhitung melebihi Ftabel yaitu sebesar 3,322 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture dan resitasi dalam meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, picture and picture, Resitasi, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:50
Last Modified: 21 Sep 2021 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item