Sari, Nurul Intania (2019) Implementasi Teori Taksonnomi Bloom Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER & HALAMAN AWAL (ROMAWI).pdf Download (893kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text
3.Daftar isi.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (459kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (483kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (202kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (459kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi teori Taksonomi Bloom pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi teori Taksonomi Bloom pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus, dan untuk mengetahui dampak implementasi teori Taksonomi Bloom pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi teori Taksonomi Bloom pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan, teori Taksonomi Bloom dapat dilihat dalam kegiatan pembelajaran yang ada pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selanjutnya, tahap pelaksanaan proses pembelajaran, seorang guru memulai dengan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, dimana pada masing-masing kegiatan tersebut terdapat kata kerja operasional Taksonomi Bloom. Kemudian, tahap evaluasi pada proses pembelajaran, seorang guru menggunakan teknik penugasan kepada peserta didik. 2) Terdapat dua faktor yang memengaruhi implementasi teori taksonomi bloom, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yang meliputi kesiapan peserta didik menerima pelajaran, semangat belajar, adanya kemauan untuk meraih prestasi, adanya dorongan dan motivasi dari lingkungan sekitar, kreativitas guru dalam mengelola kelas, alat peraga dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan, faktor penghambat yang meliputi kurangnya penguasaan materi dan minat belajar peserta didik, tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, malu berpendapat, merasa bosan, jenuh, dan mengantuk saat proses pembelajaran. 3) Implementasi teori Taksonomi Bloom pada mapel Fikih kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus memiliki dampak positif bagi peserta didik, yaitu menjadikan peserta didik mampu meningkatkan pengasahan otak, berperilaku baik, dan memiliki kemampuan keterampilan yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Taksonomi Bloom, Proses Pembelajaran, Fikih |
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 01:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 01:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5250 |
Actions (login required)
View Item |