Studi Komparasi Hasil Belajar Alqur’an Hadits Peserta Didik Introvert dengan Peserta Didik Ekstrovert di MTs NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Khotimah, Siti Chusnul (2019) Studi Komparasi Hasil Belajar Alqur’an Hadits Peserta Didik Introvert dengan Peserta Didik Ekstrovert di MTs NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (819kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (800kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (936kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB)

Abstract

Tujuan penelitian: 1). untuk menganalisa hasil belajar al-qur’an hadits peserta didik introvert; 2). untuk menganalisa hasil belajar al-qur’an hadits peserta didik ekstrovert; 3). untuk menganalisa perbedaan hasil belajar al-qur’an hadits antara peserta didik introvert dengan peserta didik ekstrovert MTs NU Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus tahun 2019. Subyek penelitian adalah peserta didik MTs Al-Munawwaroh Lau, Dawe, Kudus yang terbagi dalam tiga kelas.Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif komparatif.Populasi adalah seluruh peserta didikMTs NU Al- Munawwaroh yang seluruhnya berjumlah 82 peserta didik.Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh di mana seluruh populasi peserta didik di ketiga kelas yang ada dijadikan sebagai sampel penelitian.Variabel penelitian terdiri atas dua, yakni variabel bebas (independent): peserta didik berkepribadian ekstrovert danpeserta didik berkepribadian introvert serta variabel terikat (dependent): hasil belajar qur’an hadits peserta didik Kelas VII-IX. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data untuk mengetahui tipe kepribadian peserta didik dilakukan menggunakan angket kepribadian, sementara hasil belajar qur’an hadist peserta didik berasal dari dokumentasi guru. Analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didikintrovert dengan peserta didikekstrovert pada mata pelajaran qur’an hadist, maka dilakukanlah uji chi-square (chi kuadrat). Hasil penelitian menunjukkan, peserta didik berkepribadian introvert (mean = 53,04) ternyata hasil belajarnya lebih rendah dibanding peserta didik ekstrovert (mean = 64,17) meski keduanya masuk dalam kriteria nilai yang sama, yakni berada di rentang nilai 51-75 dengan kategori ‘sedang’. Meski miliki kriteria nilai yangsama, namun hasil belajar yang didapat peserta didik ekstrovert nilai reratanya jauh lebih besar dibanding nilai rerata peserta didik introvert. Hasil analisis data menggunakan chi-square diperoleh chi hitung = 25,713 >chi tabel 25,000 dengan probabilitas 0,041 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga perbedaan hasil belajar qur’an haditspeserta didik antara yang berkepribadian ekstrovert dengan peserta didik yang berkepribadian introvert adalah signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Introvert, Ekstrovert, Hasil Belajar Qur’an Hadist
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:17
Last Modified: 22 Sep 2021 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item