Nilai Religiusitas Dalam Bermedia Sosial dan Bergaya Hidup Glamor dan Pengaruhnya pada Perilaku Konsumtif Generasi Milenial

Arifah, Kholilatul (2021) Nilai Religiusitas Dalam Bermedia Sosial dan Bergaya Hidup Glamor dan Pengaruhnya pada Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (748kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-2000, berdampingan dengan internet yang menyebabkan pembelanjaan online terbesar terjadi pada generasi ini. Generasi milinial juga sangat dekat dengan gaya hidup galmor dimana senang membelanjakan uangnya hanya untuk memenuhi kesenangan mereka semata, bukan karena kebutuhan. Hal tersebut menjadikan generasi milenial berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dilarang dalam islam, sebab islam mengajarkan umatnya untuk tidak bersifat boros dan berlebih-lebihan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermedia sosial dan bergaya hidup glamor terhadap perilaku konsumtif generasi milenial yang dimoderasi oleh religiusitas, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah pusposive sampling dengan kriteria: 1) Laki-laki dan perempuan, 2) Berusia 20-40 tahun, 3) Muslim, 4) Memiliki akun media sosial. Adapun populasi dari penelitian ini adalah generasi milenial di Kabupaten Kudus dengan beberapa kriteria, berjumlah 285.768 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form kepada responden yang berjumlah 270 orang. Tenik analisis data untuk mengukur variabel-variabel dalam penelitian ini menggunakan software SPSS Statistic 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel media sosial memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, hal ini dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0.007 <0.05 dan t statistic sebesar 2.767 > t-tabel 1.960, variabel gaya hidup glamor memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif generasi milenial, hal ini dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0.007 <0.05 dan t statistic sebesar -5.396, 2) Religiusitas sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif, hal ini dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0.005 <0.05 dan t statistic sebesar -2.860, 3) Religiusitas sebagai variabel moderasi memperkuat hubungan negatif gaya hidup glamor terhadap perilaku konsumtif, hal ini dibuktikan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan t statistic sebesar 5.018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Gaya Hidup Glamor, Perilaku Konsumtif, Moderasi Religiusitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:31
Last Modified: 23 Sep 2021 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5273

Actions (login required)

View Item View Item