Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs NU TBS Kudus

Yusuf, Muhammad (2021) Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs NU TBS Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB I TESIS.pdf

Download (219kB)
[img] Text
5. BAB II TESIS.pdf

Download (548kB)
[img] Text
6. BAB III TESIS.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7. BAB IV TESIS.pdf

Download (538kB)
[img] Text
8. BAB V TESIS.pdf

Download (175kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf

Download (193kB)

Abstract

Akidah Akhlak merupakan salah satu rumpun mata pelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Sebagai suatu mata pelajaran yang ada di sekolah swasta, maka Akidah Akhlak juga diajarkan melalui proses pembelajaran di madrasah. Dalam hal pembelajaran, maka proses pembelajaran pada masa sekarang ini sangatlah berbeda dengan pembelajaran biasanya sebab adanya pandemi covid-19. Pembelajaran yang pada awalnya tatap muka, sekarang dilaksanakan tanpa tatap muka (daring/online) untuk menghindari menularnya wabah covid-19. Dengan demikian, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang manajemen pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus?, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus?, (3) bagaimana evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus?, (4) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus?. Masalah dipecahkan melalui metode deskriptif kualitatif lapangan yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi teknik dan bahan referensi. Data dianalisis dengan reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan dengan penyusunan RPP, (2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dilaksanakan secara daring (online) melalui media zoom dan slide presentasi dengan pembatasan waktu jam KBM dengan durasi 25 menit. Adapun strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak adalah strategi ekspositori dengan metode ceramah dan pemberian tugas dan strategi kemampuan berpikir dengan metode diskusi dan tanya jawab, (3) Evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak pada masa pandemi covid-19 di MTs NU TBS Kudus yakni (a) absensi peserta didik, (b) pemberian soal melalui google form berupa soal berbentuk pilihan ganda; soal berbentuk esai; portofolio, (4) Faktor pendukung meliputi smartphone/handphone/laptop, orang tua dan pengasuh pondok pesantren, buku mata pelajaran, karakteristik pendidik, karakteristik peserta didik. Faktor penghambat meliputi keanekaragaman peserta didik, kreativitas media pembelajaran guru, kondisi pembelajaran, tidak semua peserta didik memiliki smartphone/handphone pribadi, jaringan internet yang tidak stabil, faktor ekonomi, kurang kesadaran orang tua dalam memotivasi anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Pandemi Covid-19
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:52
Last Modified: 23 Sep 2021 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5275

Actions (login required)

View Item View Item