Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dari Perspektif Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran PAI di SMK Cordova Kajen

Syarifah, Nur Laila (2021) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dari Perspektif Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran PAI di SMK Cordova Kajen. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER sd. KATA PENGANTAR (KECUALI ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (779kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (963kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap pembelajaran jarak jauh secara parsial dan simultan dalam mata pembelajaran PAI di SMK Cordova Kajen, (2) pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional guru dan pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar peserta didik secara parsial dan simultan dalam mata pembelajaran PAI di SMK Cordova Kajen, (3) pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik dari perspektif pembelajaran jarak jauh dalam mata pembelajaran PAI di SMK Cordova Kajen. Penelitian ini dilakukan di SMK Cordova Kajen dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan analisis jalur dengan sampel sebanyak 148 responden yang dipilih dengan metode Random Sampling. Adapun hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik mempengaruhi sebesar -9% terhadap pembelajaran jarak jauh, sehingga terdapat pengaruh negatif yang tidak signifikan. Kompetensi profesional mempengaruhi sebesar 46,6% terhadap pembelajaran jarak jauh, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan. Adapun berdasarkan perhitungan simultan variabel pembelajaran jarak jauh dapat diterangkan dengan menggunakan variabel-variabel independen kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah sebesar 15,5% sedangkan sisanya 84,5% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Kompetensi pedagogik mempengaruhi sebesar -8,6% terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan. Kompetensi profesional mempengaruhi sebesar 0,5% terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan. Sementara pembelajaran jarak jauh mempengaruhi sebesar -7,4% terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan. Adapun berdasarkan perhitungan simultan variabel hasil belajar PAI dapat diterangkan dengan menggunakan variabel-variabel independen kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan pembelajaran jarak jauh adalah sebesar 1,6%. (3) Terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar peserta didik dari perspektif pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI sebesar 0,00666 dan pengaruh tidak langsung antara kompetensi profesional terhadap hasil belajar peserta didik dari perspektif pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PAI sebesar -0,0343 namun karena tidak signifikan maka diabaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:51
Last Modified: 01 Oct 2021 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item