Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Berbasis Gaya Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Matholi’ul Hija Margorejo, Dawe, Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Giyanti, Nia Nur (2021) Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Berbasis Gaya Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Matholi’ul Hija Margorejo, Dawe, Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang fokusnya para siswa kelas IV dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena penyampaian seorang guru yang kurang sesuai dengan gaya belajar mereka. Pada proses pembelajaran tematik berlangsung, Siswa di MI Matholi’ul Hija Khususnya kelas IV masih belum bisa sepenuhnya aktif dalam pembelajaran, siswa masih bergantung pada penjelasan guru. Oleh karena itu, peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa dapat dilihat dari gaya belajar yang berbeda-beda agar para siswa dapat menguasai materi dengan baik dan bersikap aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Keaktifan siswa adalah unsur yang penting dalam proses belajar karena dengan adanya keaktifan saat pembelajaran maka siswa akan memiliki jiwa antusiasme yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung. keaktifan siswa perlu dikembangkan melalui sebuah proses belajar yang membangun keaktifan siswa berdasarkan gaya belajar mereka. Ada 3 tipe gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Dari beragam gaya belajar tersebut maka Guru berupaya meningkatkan keaktifan siswa berbasis gaya belajar pada pembelajaran tematik kelas IV guna meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif . sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian ini adalah : 1) Bentuk keaktifan siswa dilihat dari gaya belajar pada pembelajaran tematik kelas IV MI Matholi’ul Hija antara lain dilihat dalam segi Keaktifan siswa saat bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalan, Keaktifan siswa dalam ikut serta menyelesaikan tugas belajar, Keaktifan siswa melatih diri dalam memecahkan soal, Keaktifan siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru, Keaktifan siswa dalam menilai kemampuan dirinya dan hasil– hasil yang diperolehnya. 2) Upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa berbasis gaya belajar pada Mata Pelajaran Tematik kelas IV MI Matholi’ul Hija Margorejo, Dawe, Kudus Tahun pelajaran 2020/2021 antara lain:a) berbasis gaya belajar visual upaya yang bisa dilakukan adalah yang pertama, memberikan pembelajaran yang berupa catatan-catatan. kedua, menggunakan kartu yang bergambar dan menarik. ketiga, memanfaatkan gambar yang ada pada dinding kelas untuk sumber belajar b) Berbasis gaya belajar auditori antara lain Pada upaya ini yang dilakukan guru adalah pertama, menerapkan diskusi kelompok. Kedua, melakukan pendektean kepada peserta didik. ketiga, menyelingi music. c) Berbasis gaya belajar kinestetik adalah pertama, memberikan model pembelajaran yang menggunakan alat peraga. kedua, menyuruh peseta didik untuk maju kedepan kelas guna mempraktekkan mengenai pembahasan yang dibahas. Ketiga, memberikan simulasi kepada peserta didik. 3) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan keaktifan siswa berbasis gaya belajar pada Mata Pelajaran Tematik kelas IV MI Matholi’ul Hija ada 3 yaitu minat peserta didik, adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat ada 2 yaitu adanya siswa yang malas untuk mengerjakan tugas dan konsentrasi siswa yang mudah terganggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Keaktifan Siswa, Gaya Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:28
Last Modified: 06 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item