Ni’mah, Rizka Siti Wahidatun (2021) Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XII TKJ di SMK NU Ma’arif Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (564kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (448kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) |
Abstract
Di SMK NU Ma’arif Kudus saat ini melakukan pembelajaran e-learning “Sekolahan.id”, berawal dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa baik pembelajaran e-learning “sekolahan.id” di sekolah SMK NU Ma’arif Kudus, (2) seberapa tinggi motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah SMK NU Ma’arif Kudus (3) seberapa kuat pengaruh pembelajaran e-learning “sekolahan.id” terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII TKJ SMK NU Ma’arif Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 54 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling (nomor absen ganjil). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner melalui google form, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pembelajaran e-learning di SMK NU Ma’arif Kudus dalam kategori cukup baik, yang ditunjukkan dengan perolehan nilai sebesar 67 yang termasuk dalam interval 53-68.2) motivasi belajar siswa kelas XII kategori cukup tinggi, yang ditunjukkan dengan perolehan nilai sebesar 67. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran e-learning dengan motivasi belajar siswa kelas XII mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah SMK NU Ma’arif Kudus. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresinya 35,089+0,481X, nilai koefisien korelasi atau (R) sebesar 0,612 yang termasuk kedalam kategori kuat. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 37,5%.yang artinya pembelajaran e-learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XII mata pelajaran pendidikan agama Islam sebesar 37,5%. Dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,585> 2,00665)dan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran E-learning, Motivasi Belajar. pendidikan agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:57 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5375 |
Actions (login required)
View Item |