Implementasi Sikap Keteladanan Guru Sebagai Kunci Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak Pada Peserta Didik Di MTs Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Putri, Nur Rizkyani (2021) Implementasi Sikap Keteladanan Guru Sebagai Kunci Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak Pada Peserta Didik Di MTs Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (700kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , 1)Pendidikan karakter dalam pembelajaran akhlak di MTs Negeri 2 Pati. 2) Keteladanan yang diterapkan di MTs Negeri 2 Pati. 3) Keteladanan dalam pendidikan karakter sebagai pembelajaran akhlak di MTs Negeri 2 Pati. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu dengan meneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu Observasi,Wawancara dengan Kepala Madrasah, Guru serta peserta didik, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Verivication). Berdasarkan hasil penelitian dari peneliti, maka peneliti mengemukakan bahwa: 1) Penerapan sikap keteladanan dilakukan oleh seluruh guru dan karyawan madrasah dan mereka berperan aktif dalam pembelajaran akhlak peserta didik, maka dari itu terciptalah karakter yang unggul. 2) Sikap keteladanan didukung dengan diadakannya program-program yang berguna bagi pendidikan karakter peserta didik diantaranya program harian, program ekstrakurikuler, dan program tahunan. 3) Dalam penerapan sikap teladan pastilah tidak selamanya berjalan mulus, tentu saja ada faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambatnya yaitu kurang motivasi pada diri peserta didik dan mudah terpengaruh dengan pergaulan kurang baik diluar sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lingkungan madrasah yang kondusif, kelengkapan saranan dan prasarana, serta kerjasama antar guru dan karyawan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:14
Last Modified: 14 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item