Metode Pendidikan Islam Dalam QS. An Nahl Ayat 125 (Telaah Kitab Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab)

Abdillah, Muhammad Wafi (2021) Metode Pendidikan Islam Dalam QS. An Nahl Ayat 125 (Telaah Kitab Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (946kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (939kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (940kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (650kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (735kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Metode pendidikan Islam selalu mengalami perkembangan setiap zamannya. Al Qur’an sebagai pedoman dan rujukan utama umat Islam selalu memberikan solusi dari permasalahan manusia, termasuk pendidikan diantaranya QS. An Nahl ayat 125. Kemudian di tafsirkan oleh para mufassir diantara kitab tafsir Tafsir Al Misbah karya Quraish Shihab. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Metode Pendidikan Islam Dalam QS An Nahl Ayat 125 berdasarkan kitab Tafsir Al Misbah karya Quraish Shihab dan relevansinya dengan metode pendidikan Islam di Indonesia. Adapun jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Dan menggunakan pendekatan hermeneutika. Kemudian tehnik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah tehnik dokumentasi dan analisis-deskriptif.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam QS An Nahl ayat 125 berdasarkan Tafsir Al Misbah karya Quraish Shihab terdapat 3 metode pendidikan Islam, yaitu hikmah, mau’idzah, dan jidal. Pertama Metode Hikmah yaitu dialog dengan kata-kata bijak sesuai dengan tingkat kepandaian yang digunakan terhadap cendekiawan yang memiliki pengetahuan tinggi. Kedua Metode mau’idzah yaitu memberikan nasihat dan perumpamaan yang menyentuh jiwa sesuai dengan taraf pengetahuan, digunakan terhadap kaum awam. Ketiga Metode jidal/perdebatan dengan cara yang terbaik yaitu dengan logika dan retorika yang halus, lepas dari kekerasan dan umpatan. Dianjurkan digunakan terhadap kaum kritis. Kemudian, Relevansi metode pendidikan Islam dalam QS An Nahl ayat 125 berdasarkan Kitab Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab terhadap metode pendidikan Islam di Indonesia yaitu berkaitannya unsur dalam pemilihan dan penggunaan metode yang memperhatikan kondisi dari sasaran atau audiencenya. Metode hikmah memiliki kemiripan dengan metode bandongan dan teladan. Metode Mau’idzah memiliki kemiripan dengan metode ceramah. Metode Jidal memiliki kemiripan dengan metode diskusi dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan Islam, QS An Nahl ayat 125, Tafsir Al Misbah
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:05
Last Modified: 15 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5446

Actions (login required)

View Item View Item