Risqiyah, Yusron (2021) Pengaruh Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MI NU Al-Huda Padurenan Gebog Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (666kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (748kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (508kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (923kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang merupakan suatu sstem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara individu maupun kelompok aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik. Penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik agar tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Desain penelitian yang digunakan adalah paradgima One-Group Pretest-Posstest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NU Al-Huda Padurenan Gebog Kudus. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik sampling jenuh, jadi sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas IV MI NU Al-Huda Padurenan Gebog Kudus yang berjumlah 32 siswa dengan dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 siswa dan siswa perempuan sebanyak 21 siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik melalui pendekatan konvensional termasuk dalam kategori cukup, hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 69,75. (2) Hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil posstest yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 84,25. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, dapat diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI NU Al-Huda Padurenan Gebog Kudus tahun ajaran 2020/2021. Penggunaan pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI NU Al-Huda Padurenan Gebog Kudus tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5458 |
Actions (login required)
View Item |