Tatbiq istikhdam al kitab qawa’id al imla lil'ustadh imam zarkasyi fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiyah maharah al kitabah ladaay thulaab al shaf al awwal bima’had Darul Hidayah al islamii Runting Pati

Suyufuddin, M. Sahhal (2019) Tatbiq istikhdam al kitab qawa’id al imla lil'ustadh imam zarkasyi fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiyah maharah al kitabah ladaay thulaab al shaf al awwal bima’had Darul Hidayah al islamii Runting Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (786kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 bab ii.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 bab iii.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 bab iv.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 bab v.pdf

Download (660kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (462kB)

Abstract

Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Bahasa Arab memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan mendengar berada pada posisi yang sangat penting sebagai dasaruntuk menyampaikan sebuah pendapat dalam bentuk tulisan, sehingga pendidik memerlukan buku ajar khusus dalam mengajarkan kamampuan secara efektif. Makapengajar menerapkan kitab Qowa’idul Imla karya ustadz imam zarkasyi ini dalam mengajar bahasa arab untuk menunjang keterampilan menulis santri kelas I Pondok Pesantren Darul Hidayah Runting tahun 2017-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran menggunakan kitab Qowa’idul Imla kepada santri kelas I pondok pesantren darul hidayah serta mengetahui seberapa efektif kitab ini dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan keterampilan menulis santri kelas I Pondok pesantren Darul Hidayah Runting Pati Tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumetasi. Sedangkanan alisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa keterampilan menulis santri mengalami peningkatan dibandingkan dengan awal mula para santri masuk ke Pondok Pesantren Darul Hidayah ini. Ini dapat dilihat dari hasil ulangan semester gasal yang mana meninjukkan bahwa penggunaan kita Qowa’idul Imla’ karya Ustadz Imam Zarkasyi ini mempunyai dampak yang lumayan memuaskan. Yang mana santri mampu menulis dan membedakan mana huruf hamzah yang penulisannya berada diatas huruf alif, waw ataupun ya. Karena penekanan dalam kitab ini adalah pada penulisan hamzah ini. Meskipun demikian masih banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi koreksi untuk perkembangan dan kemajuan semua pihak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Penggunaan kitab Qowa’idul Imla karya Ustadz Imam Zarkasyi, dan kemampuan menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:38
Last Modified: 19 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5498

Actions (login required)

View Item View Item