Yusni, Muhammad Rif’an (2021) Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Upaya Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (425kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (676kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (323kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan kontekstual pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan akhlak siswa kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020, mengetahui dampak dari upaya pembentukan akhlak melalui pendekatan kontekstual siswa kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan akhlak siswa kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu, di MTs Yasi Kronggen Brati. Sumber diperoleh dari kepala Madrasah, guru mapel Aqidah Akhlak, dan peserta didik. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi pendekatan kontekstual pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan akhlak siswa kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020 pada materi akhlak tercela dan akhlak terpuji dapat memudahkan siswa memahami materi sehingga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya. 2) Pendekatan kontekstual di MTs YASI Kronggen memberikan dampak yang positif bagi siswa yaitu telah mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan ketakwaan dan berakhlakul karimah. 3) Faktor pendukung penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan akhlak siswa kelas VIII di MTs Yasi Kronggen Brati tahun 2019-2020 yaitu faktor internal meliputi antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran dan kesadaran siswa untuk menerapkan akhlak terpuji. Faktor eksternal meliputi pengetahuan guru terhadap materi pembelajaran, kegiatan outing class dan ketersediaan fasilitas yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor internal meliputi kurangnya motivasi siswa, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan kurang tertibnya siswa. Faktor eksternal meliputi kegaduhan teman sekelas dan kelas lain, letak tempat duduk siswa dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Akhlak, Aqidah Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 08:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 08:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5503 |
Actions (login required)
View Item |