Kumaidi, Kumaidi (2021) Pengaruh Tingkat Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (286kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (374kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (469kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (257kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat sosial orang tua terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, pengaruh tingkat sosial orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, pengaruh ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, dan pengaruh ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe. Populasi yang digunakan berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling di mana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Dalam penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu menggunakan taraf kesalahan 5 % yang dikembangkan peneliti. Sehingga jumlah sampel ada 58 siswa dari jumlah total 68 siswa MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui angket dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan Statistik. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Terdapat pengaruh tingkat sosial orang tua terhadap motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil analisisjalur koefisien regresi sebesar -0,024 dengan nilai signifikansi sebesar 0,883 karena nilai signifikansi > ,05maka dapat disimpulkan, kondisi sosial orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Kedua, Terdapat pengaruh tingkat sosial orang tua terhadap hasil belajarSiswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil analisis jalurkoefisien regresi sebesar 0,574 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000karena nilai signifikansi < 0,05 maka dapat disimpulkan, tingkat sosial orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Ketiga, Terdapat pengaruh ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil analisisjalur koefisien regresi sebesar 0,019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,905 karena nilai signifikansi>0,05maka dapat disimpulkan, kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajarSiswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Keempat, Terdapat pengaruh ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil analisis jalur koefisien regresise besar-0,001 dengan nilai signifikan sisebesar 0,995. Karena nilai signifikansi >0,05 maka dapat disimpulkan, kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Sosial Dan Ekonomi Orang Tua, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Al-Qur’an Hadits. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5506 |
Actions (login required)
View Item |