IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MI NU AL-AZHARIYYAH JURANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jannah, Miftahul (2017) IMPLEMENTASI VARIASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MI NU AL-AZHARIYYAH JURANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI NU Al-Azhariyyah Jurang Gebog Kudus (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI NU Al-Azhariyyah Jurang Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Guru menggunakan variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq dengan tujuan suapaya tidak terjadi kebosanan seta kejenuhan dalam proses belajar mengajar, dengan adanya proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi akan memberikan dampak yang lebih bagus dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI NU Al-Azhariyyah, diantaranya guru akan mudah dalam mengajar dan peserta didik akan merasa lebih nyaman dan antusias saat materi berlangsung dan akan bersungguh-sungguh untuk belajar sehingga membangkitkan motivasi anak didik untuk mendapatkan prestasi yang lebih bagus dan unggul dalam pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran Aqidah Akhlaq dapat berjalan dengan baik , efektif dan juga efisien. Faktor pendukung dalam variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq ialah adanya seorang guru atau pendidik yang berprofesional sehingga mampu menggunakan metode yang bervariasi dengan luwes, baik dan berkesinambungan, dan dari murid sendiri adalah mereka mampu memahami dan mengerti apa yang diajarkan gurunya dengan menggunakan metode yang bervaariasi khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq, sehingga tidak terjadi kejenuhan saat mengikuti proses pembelajaran. Faktor yang menghambat adalah dari seorang guru jika kurang bisa menggunakan metode yang bervariasi, maka suasana kelas akan menjadi canggung dan murid tidak bisa aktif saat pelajaran, maka dari itu sangatlah dibutuhkan guru yang berprofesional sehingga mampu membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman dan murid juga akan merasa senang dan tidak jenuh saat mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Variasi Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq
Subjects: Akhlak dan Tasawuf
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 05:29
Last Modified: 11 Feb 2017 05:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item