Wardani, Putri Kusuma (2021) Analisa Penerapan Etika Bisnis Islam pada Strategi Pemasaran Offline dan Online di UMKM Batik Djanoer Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (493kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisa secara mendalam penerapan etika bisnis Islam pada strategi pemasaran offline di UMKM Batik Djanoer Kudus. (2) untuk menganalisa secara lengkap penerapan etika bisnis Islam pada strategi pemasaran offline di UMKM Batik Djanoer Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu pemilik UMKM Batik Djanoer Kudus, pemilik usaha Batik Djanoer Kudus, reseller, tim publish, customer, selain itu bukti transaksi pelanggan/customer baik secara online maupun offline. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Etika Bisnis Islam yang diterapkan di pemasaran offline Batik Djanoer Kudus sudah diterapkan dengan baik. Strategi Pemasaran Offline yang dilakukan oleh UMKM Batik Djanoer Kudus adalah menggunakan media yang tepat seperti: brosur, spanduk, kartu nama, toko offline. Di mana strategi pemasaran offline sangat berkembang dan menyebabkan Batik Djanoer Kudus tetap axis hingga tahun 2021 ini meskipun kenyataannya pemasaran offline sasarannya pemasarannya lebih sempit dibandingkan dengan pemasaran online. (2) Etika bisnis Islam yang diterapkan pada strategi pemasaran online Batik Djanoer Kudus sudah ada namun ada beberapa aspek yang tidak dihadirkan saat melakukan pemasaran produknya. Seperti pada aplikasi shopee tim publish tidak memaparkan jenis bahan produk batik, ukuran kain batik dan hal itu kesannya kurang transparan dalam jual beli. Apalagi pemasaran online harus dideskripsikan barang/produk yang dijual spesifik mungkin agar pembeli mengetahui informasi produk dengan jelas dan terhindar dari penipuan.Strategi Pemasaran online sudah diterapkan di Batik Djanoer Kudus mulai dari menggunakan aplikasi (Batikdjanoerkudus), fanspage (Batik Djanoer kudus & Desaigner, facebook (Nindya An Nida), watshap (085700500026 dan 085640116673), bukalapak, toko pedia. Meskipun kenyataanya pemasaran online di Batik Djanoer Kudus belum berjalan signifikan seperti akun pemasaran online menggunakan tokopedia dan bukalapak sekarang sudah tidak digunakan lagi dan dihapus akunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran Offline dan Online |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 06:40 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5577 |
Actions (login required)
View Item |