Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0 (studi kasus tujuan Pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran) di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah

Zaqiyaturrohmah, Nofita (2021) Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Era Revolusi Industri 4.0 (studi kasus tujuan Pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran) di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (269kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Perubahan yang terjadi di zaman sekarang mengenai tujuan pendidikan Islam, kurikulum, metode pembelajaran merupakan suatu tantangan yang menuntut pendidik dan peserta didik lebih inovatif, kreatif dan melek dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun dan era revolusi industri 4.0; 2) tujuan Pendidikan, kurikulum, dan metode pembelajaran di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah; 3) relevansi tujuan pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran dalam pendidikan Islam Ibnu Khaldun, era revolusi industri 4.0 dan MA keterampilan Al-Irsyad Gajah. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluatif yaitu mengevaluasi terhadap objek, dengan tujuan mengumpulkan informasi terkait kejadian atau kondisi realita mengenai terlaksananya rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian diuji keabsahan datanya dan diuji dengan mereduksi data. Setelah semua data terkumpul serta dianalisis, kemudian ditarik Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tujuan Pendidikan dari Ibnu Khaldun, era revolusi industri 4.0, dan MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah jelas bertujuan untuk mencetak peserta didik yang Islami, terampil, berfikir kritis, bermoral, dan berjiwa sosia, serta, menguasai teknologi. Kurikulumnya sama-sama terbagi atas 3 (tiga) kelompok, metode pembelajaran pada era revolusi industri 4.0 dan MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah saat ini menggunakan blended learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:12
Last Modified: 03 Nov 2021 01:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item