Syarifudin, Mukhammad (2021) Strategi Penyiaran Program Dakwah Islam Di Simpang5tv Jateng. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (489kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (702kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (473kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (661kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang permasalahan bagaimana strategi penyiaran program dakwah Islam di Simpang5tv Jateng dan faktor apa saja yang mempengaruhi strategi penyiaran program dakwah Islam di Simpang5tv Jateng. Tujuan dari sebuah penelitia ini ialah untuk mengetahui strategi penyiaran program dakwah Islam Di Simpang5tv Jateng dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penyiaran program dakwah Islam Simpang5tv Jateng. Dalam penelitian ini menggunakan teori Morissan strategi program yakni perencanaan sebuah program, produksi dan pemebelian sebuah program, eksekusi program dan pengawasam serta evaluasi sebuah program. Yang digunakan metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian dilakukan di Simpang5tv Jateng tepatnya di Semarang. Teknik pengumpulan data di dalam peneltian ini ialah dengan menggunakan sebuah metode Wawancara, Observasi, Dokumen/Arsip. Di samping itu, analisis data dilakukan dari sebelum penelitian, selama proses pengumpulan sebuah data didalam lapangan, setelah semua data terkumpul dengan teknik model analisa Miles and Hubermeni yaitu Reduksi data, Penyajian sebuah data, Verifikasi. Dari hasil sebuah penelitian ini menunjukkan bahwa Simpang5tv Jateng melakukan strategi penyiran program dakwah Islam melalui tahap yaitu pertama, perencanaan program dengan cara survei audien atau khalayak sehingga dapat memenuhi kebutuhan program acara televisi dengan tepat dan sesuai. Kedua, produksi dan pembelian program Simpang5tv Jateng melakukan produksi sendiri, barter dengan televisi lain serta kerjasama, dan belum pernah melakukan pembelian sebuah program. ketiga, eksekusi program dakwah Islam Simpang5tv Jateng diletakkan di jam fringe time atau di waktu sebelum berbuka puasa sampai sesudah sholat tarawih pada bulan Ramadhan. dan langkah yang digunakan untuk menarik hati pemirsa ialah memproduksi sebuah program dakwah Islam yang tentunya pengemasan yang lebih menarik, kreatif, inovatif, bermutu dan bermanfaat. Keempat, pengawasan serta evaluasi sebuah program, pengawasan penyiaran program dakwah islam di awasi dengan ketat dan teliti sebelum di tayangkan sedangkan evaluasi yang di lakukan Simpang5tv Jateng dilaksanakan setiap saat jika terjadi sebuah masalah atau problem dan melakukan secara rutin dengan tim lainnya satu minggu sekali. Faktor yang mempengaruhi strategi penyiaran program dakwah Islam di Simpang5tv Jateng yakni Faktor yang mendukung dan menghambat. faktor pendukungnya yakni ada dua, faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal berasal dari pemilik perusahaan, biaya program, sumber daya manusia dan narasumber. Sedangkan faktor eksternal berasal dari bisnis atau pemasang iklan, klien, dan pemirsa. Faktor penghambat yakni ancaman dan kelemahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi penyiaran, Program dakwah Islam, Televisi |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan > Periklanan dalam Radio dan Televisi Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan > Periklanan dalam Radio dan Televisi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 02:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5647 |
Actions (login required)
View Item |