Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditory, Visualization, Intelectually) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Terpadu Kelas IV di MI NU Maslakhul Falah Undaan Kudus

Sa’diyah, Khalimatus (2021) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditory, Visualization, Intelectually) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Terpadu Kelas IV di MI NU Maslakhul Falah Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) pada pembelajaran Terpadu Kelas IV MI NU Maslakul Falah Undaan Ajaran 2020/2021? 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Terpadu Kelas IV setelah diterapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) di MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) pada pembelajaran Terpadu Kelas IV MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021? Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditory, Visualization, Intelectually) Pembelajaran Terpadu Kelas IV di MI NU Maslakhul Falah Undaan Kudus sudah berjalan dengan baik. Mulai dari Somatis: peserta didik mampu aktif bertanya mengenai pelajaran yang di berikan. Auditory: peserta didik mampu mendengarkan penjelasan dari guru dan aktif mengungkapkan pendapat. Visualization:. Intelectually: peserta didik diminta untuk berkelompok dan berdiskusi mengenai tugas yang diberikan oleh pendidik. Dengan penerapan model pembelajaran SAVI ini dapat memberikan rasa antusiasme, semangat dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. 2) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI pada pembelajaran terpadu mengalami peningkatan. Mulai dari aspek kognitif dengan nilai rata-rata pertemuan I yaitu 68.54 berhasil meningkat pada nilai rata-rata pertemuan II yaitu 75.31. Kemudian aspek afektif dilihat pada nilai pertemuan I dengan memiliki nilai rata-rata 59.27 dan berhasil meningkat dengan dilihat nilai pertemuan II yaitu dengan nilai rata-rata 78.91. Dan yang terakhir aspek psikomotorik. Pada aspek psikomotorik ini penilaian nya berbeda dengan aspek kognitif dan afektif, karena dalam skor yang didapatkan maksimal 4,0 dan dapat dilihat pada nilai pertemuan I memiliki nilai rata-rata 2,59 kemudian berhasil meningkat pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 3,14. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran terpadu kelas IV MI NU Maslakhul Falah Undaan Kudus yaitu faktor pendukung meliputi; faktor sarana dan prasarana, yaitu sudah tercukupinya sarana dan prasarana guna kesuksesan proses pembelajaranTerpadu, faktor guru. Sedangkan Faktor penghambat meliputi: faktor peserta didik yang memiliki karakter belajar berbeda-beda, dan faktor pendidik yang kurang menguasai dalam pengaplikasian model-model pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:52
Last Modified: 03 Nov 2021 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

View Item View Item