Pembelajaran Nilai-nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Pada Anak Di RA Nurul Yasin Mejobo Kudus

Syarifah, Chikmatus (2021) Pembelajaran Nilai-nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Pada Anak Di RA Nurul Yasin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

RA Nurul Yasin merupakan RA dengan metode pembelajaran karakter entrepreneurship dan tauhid yang berada di Desa Mejobo Kabupaten Kudus. Pembelajaran yang diterapkan di RA yakni tentang penanaman sikap-sikap entrepreneur. Pembelajaran enterpreneurship lebih mengarah pada perubahan mental anak, untuk menanamkan sikap entrepreneur yang kritis, kreatif, inovatif serta pengenalan terhadap diri sendiri, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu membawa diri di berbagai lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggambarkan pembelajaran karakter di RA Nurul Yasin. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru RA Nurul Yasin Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada anak di RA Nurul Yasin Mejobo Kudus yang meliputi: praktek menjadi penjual dan pembeli, opening circle, tepuk anak RA, tentang kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran dan dilengkapi dengan media pembelajaran majalah, alat permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan penanaman sikap seorang entrepreneur yang meliputi berani, mandiri, jujur, serta tanggung jawab. Proses pembelajaran yang diterapkan melalui kegiatan kurikuler serta kegiatan penunjang pembelajaran. Kegiatan kurikuler melalui beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk kegiatan penunjang pembelajaran melalui kegiatan yang dilaksanakan diluar kegiatan kurikuler

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Entrepreneurship
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Nov 2021 01:57
Last Modified: 05 Nov 2021 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item