Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Nilai Ulangan Tengah Semester Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Saadah., Tri Yatini Rois (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Nilai Ulangan Tengah Semester Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER S.D KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (755kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (843kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (783kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (632kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pembelajaran daring berpengaruh terhadap nilai ulangan tengah semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari. 2) untuk mengetahui pengaruh antara kondisi social ekonomi orang tua terhadap nilai ulangan tengah semester pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari. 3) untuk mengetahui pembelajaran daring dan kondisi ekonomi orang tua secara signifikan berpengaruh terhadap nilai ulangan tengah semester mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah 36 peseerta didik dan orang tua siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nalumsari tahun pelajaran 2020/2021 yang diambil dari populasi yang representative (mewakili). Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan program SPSS tahun 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan oleh pembelajaran daring dengan koefisien regresi bernilai positif yaitu 0,674 melalui pengujian Uji t bahwa 4,194 > 2,021 Maka diterima dengan hasil dan ditolak. Ditunjukkan melalui uji sumbang efektif (SE) bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap nilai ulangan tengah semester sebesar 34,7%. 2) terdapat pengaruh signifikan oleh kondisi social ekonomi orang tua dengan koefisien regresi 0,662 melalui pengujian Uji t bahwa 2,912 > 2,021 dengan nilai signifikan 0,006, maka nilai hipotesis diterima dengan hasil dan ditolak. Ditunjukkan melalui uji sumbang efektif (SE) bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap nilai ulangan tengah semester sebesar 20,4% 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring dan kondisi ekonomi orang tua terhadap nilai ulangan tengah semester, ditunjukkan dari nilai koefisien determinasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,743 melalui pengujian uji f bahwa nilai 20,286 > 3,28. Maka diterima dengan hasil dan ditolak. Hasil penelian menunjukkan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan 78,13, maka dikategorikan baik. Hasil dari koefisien nilai R square sebesar 0,551 yang artinya pengaruh variabel pembelajaran daring dan kondisi social ekonomi orang tua terhadap variabel nilai ulangan tengah semester siswa dalam kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Nilai Ulangan Tengah Semester Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:13
Last Modified: 05 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5688

Actions (login required)

View Item View Item