Nurhaliza, Yva Alfiana (2021) Implementasi Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (662kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (690kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (562kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Implementasi komunikasi interpersonal, hambatan yang dialami dan solusi pemecahan masalah dalam mengimplementasikan komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Fikih di kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati. Sumber diperoleh dari Guru Kelas, Orang tua dan peserta didik kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). implementasi komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Fikih di kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati disampaikan secara verbal dan non verbal. Implementasi komunikasi interpersonal orang tua dengan anak secara verbal yaitu: komunikasi yang dilakukan orang tua dengan anak dalam bentuk memberikan pesan, atau nasehat mengenai shalat berjamaah. Sedangkan secara non verbal yaitu komunikasi yang berlangsung dengan penggunaan bahasa tubuh, intonasi suara, ekspresi wajah, dan mencontohkan perilaku baik. 2). Kendala implementasi komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Fikih di kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati yaitu anak tidak memberikan feedback atau umpan balik segera dan juga feedback yang diberikan kadang tidak sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh orang tua atau komunikator. Karena emosi anak yang kurang stabil, asik dengan dunianya dan kesulitan dalam memahami dan menghafal. 3). Adapun solusi dari hambatan implementasi komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Fikih di kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Pucakwangi Pati yaitu menggunakan pesan verbal sekaligus non verbal dalam penyampaian pesan kepada anak. Selain itu adanya keterbukaan, empathy, menciptakan kesabaran yang lebih, memberikan pendidikan agama kepada anak sedini mungkin dan juga pembiasaan dan nasehat yang baik kepada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran Daring, Fikih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:37 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5697 |
Actions (login required)
View Item |