Mutiasari, Irma (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Hadis Tarbawi Karya Juwariyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (845kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (221kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (507kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (663kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (529kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (531kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 sehingga penelitian lapangan tentang nilai-nilai pendidikan Islam tidak dapat dilaksanakan dengan subyek di lapangan. Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi masyarakat saat ini yang menyimpang di kalangan remaja. Penelitian ini menjawab rumusan masalah sebagai berikut: Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku hadis tarbawi karya Juwariyah?. Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku hadis tarbawi karya Juwariyah dengan kondisi saat ini? Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Peneliti memilih buku hadis tarbawi karya Juwariyah ini sebagai sumber penelitian karena hadis merupakan landasan pendidikan kedua setelah Al-Qur’an. Selain itu hadis juga jarang diteliti oleh berbagai peneliti serta jenis hadis tarbawi karena peneliti menyesuaikan dengan jurusan peneliti yaitu tentang pendidikan. Adapun metode analisis yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisi isi (content analysis). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku hadis tarbawi karya Juwariyah. Sedangkan sumber sekundernya diantarannya kitab shahih Bukhari dan Muslim, maktabah syamilah digital dan buku ilmu pendidikan Islam karya Abudin Nata. Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat 9 (sembilan) macam nilai-nilai pendidikan Islam, diantaranya adalah nilai pendidikan akidah, ibadah, akhlak, karakter, sosial, kesehatan, seksologi Islam, psikologi, dan ilmu pengetahuan. Nilai akidah sesuai dengan tema fitrah manusia. Nilai ibadah sesuai dengan tema niat dalam berbuat. Nilai akhlak sesuai dengan tema biruul walidain, uququl walidain, amanah, amar ma’ruf nahi munkar, serta kejujuran. Nilai karakter sesuai dengan tema tanggung jawab pendidik. Nilai sosial sesuai dengan tema sedekah dan infak, serta menyambung tali ukhuwah. Nilai kesehatan sesuai dengan tema berpakain yang berfungsi untuk menjaga kesehatan. Nilai seksologi Islam sesuai dengan tema pernikahan. Nilai psikologi sesuai dengan tema kiat mengatasi amarah. Nilai ilmu pengetahuan sesuai dengan kewajiban menuntut ilmu. Relevansi nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku hadis tarbawi karya Juwariyah dengan kondisi saat ini sangat relevan karena setiap nilai yang terkandung didalamnya sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini. Artinya buku hadis tarbawi ini penting dalam kontribusi untuk mendidik masyarakat pada umumnya dan khususnya pada anak didik di zaman modern karena pembahasannya komprehensif. Tetapi dibalik itu semua terdapat kekurangan yakni belum menyebutkan tema yang sesuai dengan nilai pendidikan keterampilan, ekonomi, serta kesadaran hukum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai, pendidikan Islam, hadis tarbawi. |
Subjects: | Hadits dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:28 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5712 |
Actions (login required)
View Item |