Model Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an Bagi Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Fatmala, Diyah Ayu (2021) Model Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an Bagi Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (865kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)

Abstract

Taḥfiẓul Qur’an sebagai salahsatu cara untuk memelihara kemurnian Al-Qur’an. Menjaga dan memelihara Al-Qur’an merupakan perbuatan yang mulia di mata Allah SWT. Mengingat betapa tidak mudahnya Taḥfiẓul Qur’an maka banyak sekali orang yang merasa ketakutan untuk menghafal Qur’an. Sehingga dibutuhkan berbagai model pembelajaran menghafal Al-Qur’an guna mempermudah bagi para penghafal Al-Qur’an dalam menjaga dan memelihara Al-Qur’an . Keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an membutuhkan sebuah model pembelajaran yang baik dan tepat. Oleh karena itu dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an dibutuhkan metode-metode yang diharapkan menjadi pembuka jalan bagi para penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an bagi santri kelas VIII di Pondok Pesantren Putri MTs .Ma’ahid Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 serta faktor pendukung dan penghambat Model Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an bagi santri kelas VIII di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian laapangan(field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Asrama Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus, Guru Kelas VIII Pengampu Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Putri Mts. Ma’ahid Kudus , dan Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus Hasil dari penelitian lapangan ini menunjukan bahwa Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus menggunakan Metode Talaqqi Dan Metode Takriry serta tidak hanya mementingkan banyaknya hafalan melainkan mengutamakan perbaikan bacaan sebelum hafalan, sehingga hafalan yang dimiliki para santri baik dan berkualitas. Ketekunan para santri menjadi salahsatu faktor pendukung berlangsungnya proses Taḥfiẓul Qur’an di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus dan fasilitas yang kurang memadai menjadi salahsatu faktor penghambat pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an di Pondok Pesantren Putri MTs. Ma’ahid Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an Bagi Santri.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:18
Last Modified: 09 Nov 2021 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item