Furtuna, Nur Dewi (2021) Implementasi Pembelajaran Matematika Dengan Ammanu (Aplikasi Madrasah NU) Berbantu Kahoot dan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen Kuasi di Madrasah Aliyah NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (255kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pencapaian dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diberikan pembelajaran matematika dengan ammanu berbantu kahoot dan video pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak diberikan pembelajaran matematika dengan ammanu berbantu kahoot dan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa MA NU Wahid Hasyim Salafiyah. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPS 1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari preetest dan posttest. Analisis data menggunakan statistik inferensial. Data yang diolah dalam penelitian adalah data posttest dan data N-gain hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pencapaian serta peningkatan yang lebih baik secara signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diberikan pembelajaran matematika dengan ammanu berbantu kahoot dan video pembelajaran dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak diberikan pembelajaran matematika dengan ammanu berbantu kahoot dan video pembelajaran. Terlihat dari hasil nilai posttest menunjukkan perolehan nilai kelas eksperimen rata- rata sebesar 73,5 serta nilai kelas kontrol rata- rata adalah 59,5. Selanjutnya ditunjukkan hasil hitung data N-gain terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen rata- rata sebesar 0,705 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol rata- rata sebesar 0,484 dengan kriteria sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, Kahoot, Ammanu, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 07:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5763 |
Actions (login required)
View Item |