Mabruroh, Arum Zumala (2021) Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bermi 01. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf Download (894kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (887kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (890kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (649kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (358kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (946kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (433kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (573kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembelajaran daring, peran orang tua dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar, dan kondisi dan kendala orang tua dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri Bermi 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan angket, serta dokumentasi terhadap institusi pendidikan yang terkait yaitu SD Negeri Bermi 01. Sumber diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas II, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Guru Bahasa Inggris, siswa kelas II, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar daring. Adapun bentuk pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas II dilakukan dengan menggunakan WAG sebagai aplikasi belajar. Sebanyak 3 WAG yang dimiliki oleh guru dan siswa selama pandemi ini. 2) WAG tersebut memuat pelajaran tema dan pelajaran muatan lokal yang diampu oleh ibu Zulfatun Afidatin Ubaity sebagai guru kelas II, WAG mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diampu oleh bapak Iskandar, dan WAG mata pelajaran Bahasa Inggris yang diampu oleh ibu Payumi. 3) Peran Orang dalam pembejaran daring tersebut adalah mengecek tugas di aplikasi belajar, menghimbau siswa untuk mengerjakan tugas, membantu menyelesaikan permasalahan dalam soal, mendampingi belajar, dan mengaploud tugas tersebut. 4) Selama mendampingi siswa belajar di Rumah, orang tua merasakan beberapa kendala dalam menjalankan perannya sehingga hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kendala yang dirasakan ini timbul akibat dari kondisi orang tua sendiri, dan kondisi tersebut ialah a). Latar belakang pendidikan orang tua. b). Orang tua sibuk berkerja sehingga kurang dampingan belajar. c). Keterbatasan biaya. d). Minimnya fasilitas belajar yang ada di rumah. e).smartphone dalam keluarga hanya ada 1. f). Orang tua lebih paham aplikasi WA daripada lainnya. Dan g). Pengeluaran bertambah akibat pembelian paket data. Karena kondisi orang tua yang demikian ini sehingga muncul kendala seperti a). Orang tua tidak bisa menjelaskan materi secara detail. b). Orang tua kurang sabar dalam mendampingi siswa belajar di rumah. c). Siswa lebih percaya penjelasan guru. d). Rendahnya kecakapan mendidik. e). Orang tua sulit menumbuhkan minat belajar. Dan f). Jaringan internet yang tidak stabil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 07:42 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5766 |
Actions (login required)
View Item |