Karomah, Vina Faizatul (2021) Pengaruh Pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Akhlak Siswa di MTs Darul Ulum KerangKulon Wonosalam Demak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (668kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (755kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengatahui bagaimana pendidikan Islam dalam lingkungan keluarga siswa MTs Darul Ulum Kerangkulon Wonosalam Demak. (2) mengetahui bagaimana akhlak siswa di MTs Darul Ulum Kerangkulon Wonosalam Demak. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan Islam dalam lingkungan keluarga terhadap akhlak siswa di MTs Darul Ulum Kerangkulon Wonosalam Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs Darul Ulum Kerangkulon Jl. Demung – Trengguli Km. 01, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Populasi pada penelitian ini yaitu pada ruang lingkup kelas IX dan diambil sampel sebanyak 68 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Pendidikan Islam dalam lingkungan keluarga siswa MTs Darul Ulum Kerangkulon termasuk dalam kategori “sedang”. Ditandai dengan hasil penyebaran angket dan pengolahan analisis data penelitian variabel X dengan rata-rata (M) yang diperoleh 51,38 terletak antara 45-58 dengan nilai presentase 66,18% dan frekuensi 45 dari sampel 68 siswa. (2) Akhlak Siswa kelas MTs Darul Ulum Kerangkulon, termasuk dalam kategori “sedang”. Ditandai dengan hasil penyebaran angket dan pengolahan analisis data penelitian variabel Y dengan rata-rata (Mean) yang diperoleh 32,78 terletak antara skor 28-38, dengan presentase 69,12% dan frekuensi 47 dari sampe 68 siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga dan Akhlak Siswa. Dengan taraf signifikan 0,05 (5%), dengan nilai rtabel = 0,2012 dan rhitung =0,6678. Diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,6678>0,2012). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga dan Akhlak Siswa. Dalam pengolahan data koefisien determinasi dikatakan bahwa variabel X (Pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga), memberikan pengaruh terhadap variabel Y (Akhlak Siswa) dengan hasil sebesar 44,59%, sedangkan sisanya (100%-44,59% = 55,41%) diperngaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan masyarakat, sekolah, teman sepergaulan, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam dalam Lingkungan Keluarga, Akhlak Siswa. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 01:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 01:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5773 |
Actions (login required)
View Item |