Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kelancaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 6-9 Tahun Di Tpq Ittihadul Athfal Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati

LAILATURROHMANIAH, LAILATURROHMANIAH (2021) Pengaruh Metode Qiro’ati Terhadap Kelancaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 6-9 Tahun Di Tpq Ittihadul Athfal Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penggunaan Metode Qiro’ati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ittihadul Athfal Baleadi Sukolilo Pati sudah diterapkan dengan baik. Dengan demikian pada kenyataanya peneliti masih menemukan anak yang lambat dan terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an. Dan masih ada anak yang belum fokus saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Hal ini sangat mempengaruhi kelancaran membaca Al-Qur’an anak. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Qiro’ati di TPQ Ittihadul Athfal Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kelancaran membaca Al-Qur’an di TPQ Ittihadul Athfal Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten pati. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Qiroati terhadap kelancaran membaca Al-Qur’an anak usia 6-9 Tahun di TPQ Ittihadul Athfal Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi dengan jumlah populasi 155 siswa dan sampel 61 siswa. Data diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui pengaruh metode Qiro’ati terhadap kelancaran membaca Al-Qur’an anak usia 6-9 tahun di TPQ Ittihadul Athfal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Penggunaan Metode Qiro’ati di berada pada tingkat sedang hal ini dapat di lihat dari hasil perhitungan mean sebesar 49,5082 yang berada diantara skor 45-51 dengan jumlah frekuensi sebesar 36 siswa. Sementara itu, kelancaran membaca berada pada tingkat sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan mean sebesar 78,8328 yang berada diantara skor 72-79 dengan jumlah frekuensi sebesar 29 siswa. Dan pengaruh Metode Qiro’ati terhadap kelancaran membaca Al-Qur’an Hipotesis yang diterima adalah H0 : α : β atau β ≠ 0. Dari hasil perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 1,963 dengan F tabel (0.10 : 1 : 59) sebesar 1,671093 yang berarti F hitung lebih besar dari F tabel. Dengan demikian, di karenakan, F hitung lebih besar dari F tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada sifat ketergantungan dari variabel Metode Qiro’ati terhadap kelancaran membaca Al-Qur’an sehingga secara langsung hasil pengelolaan data dalam penelitian ini dengan hipotesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati dan kelancaran membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:03
Last Modified: 11 Nov 2021 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item