Ulfa, Badriatul (2021) Efektivitas metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, visual, Intelektual) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs. Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (851kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (650kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (598kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (596kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (378kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak masih menggunakan metode konvensional, serta minimnya peran peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, kurangnya kesempatan bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik, oleh karena itu berpengaruh pada kemapuan berpikir kreatif siswa. Untu itu peneliti menerapkan metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran akidah akhlak menggunakan metode SAVI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran akidah akhlak dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian one grup pretest-postest. Populasi yang diambil yaitu kelas VII di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa rendah sebelum menggunakan metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auuditori, Visual, Intelektual). 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran SAVI. Dari hasil output uji T nilai Thitung sebesar 2,411 sedangkan nilai ttabel sebesar 0,68485, artinya 2,411 > 0,68485, sedangkan nilai signifikansi adalah 0,020 artinya 0,020 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak atau Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Metode SAVI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 03:02 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5787 |
Actions (login required)
View Item |