Pengaruh Model Discoverl Learning Berbantuan Media Anyaman terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV di MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020

Rukmana, Ulfah (2021) Pengaruh Model Discoverl Learning Berbantuan Media Anyaman terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV di MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (625kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (684kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media anyaman terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IV di MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV (empat) MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul Kaliwungu Kudus yang berjumlah 25 siswa terdiri dari dari 14 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 17.0. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ada empat yaitu: teknik angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media anyaman terhadap pemahaman konsep matematis siswa adalah 0,398 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Nilai R Square diperoleh sebesar 0.398 menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media anyaman memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 39,8% dan sisanya 60,2% adalah pengaruh variable lain yang belum diteliti oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai t hitung 3,107 dengan nilai t tabel 2,074 dan nilai p value (sig) 0,005 yang berada dibawah 0,05 (tingkat signifikan). Ini berarti t hitung lebih besar dari t table (3,107>2.074), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kontribusi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media anyaman sebesar 39,8% terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media anyaman berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas IV di MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discoverl Learning, Media Anyaman, Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:15
Last Modified: 12 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item