Strategi Pengembangan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Peserta Didik Baru di MTs Miftahul Ulum Tambakromo Pati

Adelia, Rika (2021) Strategi Pengembangan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Peserta Didik Baru di MTs Miftahul Ulum Tambakromo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (808kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Kepala Madrasah dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan Kepala Madrasah dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati. Jenis penelitian ini adalah field research. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, waka kesiswaan di MTs Miftahul Ulum Pati, kepanitiaan penerimaan peserta didik baru, kepala desa, tokoh masyarakat, calon peserta didik, kepala SD/MI se kecamatan Tambakromo. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis data selama di lapangan meliputi data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan Kepala Madrasah dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati meliputi beberapa aspek antara lain kebijakan Kepala Madrasah menggunakan keunggulan madrasah, kebijakan Kepala Madrasah dalam memberikan gratis biaya pendaftaran bagi calon siswa, kebijakan Kepala Madrasah dalam membentuk tim work guna mempelajari peluang yang ada di masyarakat, pemetaan target promosi ke Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk mempromosikan MTs Miftahul Ulum Pati, bekerja sama dengan stake holder madrasah misalnya dengan memberikan brosur kepada wali murid agar menyampaikannya kepada saudara dan tetangga sekitar. Kebijakan Kepala Madrasah dalam menerapkan sistem jemput bola yaitu dengan mendatangi satu persatu rumah calon siswa agar berkenan masuk di MTs Miftahul Ulum Pati. Kebijakan terakhir yaitu Kepala Madrasah dalam publikasi melalui media cetak maupun elektronik dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati. Faktor pendukung strategi pengembangan Kepala Madrasah dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati yaitu mulai dari kerjasama dengan bapak ibu guru, kerjasama dengan alumni, kerja sama dengan stakeholder, dalam biaya kami gratiskan biaya pendaftaran dan seragam 3 set selain itu uang gedung kami saling membuat kesepakatan saat rapat wali murid. Sedangkan faktor penghambat strategi pengembangan Kepala Madrasah dalam meningkatkan peserta didik baru di MTs Miftahul Ulum Pati antara lain fasilitas gedung yang kurang menarik, kurangnya guru di bidang tertentu dan terdapat Sekolah Menengah Pertama yang lebih unggul dengan jarak dekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Penerimaan Peserta Didik Baru,
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:34
Last Modified: 15 Nov 2021 01:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item View Item