Analisis Perbandingan Literasi Sains Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Non-BSE Biologi Kelas X SMA pada Konsep Kingdom Plantae

Ulfas, Aeniyah (2021) Analisis Perbandingan Literasi Sains Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Non-BSE Biologi Kelas X SMA pada Konsep Kingdom Plantae. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (807kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (732kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan content antara buku BSE dengan Non-BSE Biologi Kelas X SMA pada konsep Kingdom Plantae berdasarkan literasi sains ditinjau dari sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara untuk berpikir, dan interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif berupa studi dokumen dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek BSE biologi Kelas X SMA yang diterbitkan oleh pemerintah dan tiga Non-BSE biologi Kelas X SMA dari penerbit Tiga Serangkai, Erlangga, dan Intan Pariwara. Pengambilan buku teks biologi Non-BSE yang dianalisis diperoleh dengan mencari buku teks yang terdiri dari tiga jenis yaitu Non-BSE yang telah dinilai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Non-BSE yang belum dinilai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Non-BSE yang berupa LKS. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dianalisis oleh tiga observer, kemudian divalidasi oleh tiga ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh buku dalam kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan memiliki persentase kemunculan tertinggi yaitu 44.47%. Berikutnya diikuti kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki 34.94%, sains sebagai cara untuk berpikir 11.99%, dan interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat memiliki persentse terendah yaitu hanya 8.61%. Kategori literasi sains ditinjau dari sains sebagai batang tubuh pengetahuan diperoleh hasil BSE lebih unggul daripada Non-BSE Erlangga dan Intan Pariwara. Akan tetapi, BSE kalah unggul dari Non-BSE Tiga Serangkai. Kategori literasi sains ditinjau dari sains sebagai cara untuk menyelidiki diperoleh hasil BSE kalah unggul dari semua Non-BSE. Kategori literasi sains ditinjau dari sains sebagai cara untuk berpikir diperoleh hasil BSE lebih unggul dari semua Non-BSE. Sedangkan kategori literasi sains ditinjau dari interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat diperoleh hasil BSE hanya lebih unggul dari Non-BSE Intan Pariwara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi sains, Buku Sekolah Elektronik (BSE) biologi, non-BSE biologi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:23
Last Modified: 16 Nov 2021 01:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5854

Actions (login required)

View Item View Item