Zuhrotunnisa’, Afita (2021) Proses Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V MI Darul Ulum Sumanding Kembang Jepara Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (904kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (404kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (657kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (402kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : Pertama, untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik berkemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika peserta didik kelas V MI Darul Ulum Sumanding Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Kedua, untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik berkemampuan awal sedang dalam menyelesaikan masalah matematika peserta didik kelas V MI Darul Ulum Sumanding Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Ketiga, untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik berkemampuan awal rendah dalam menyelesaikan masalah matematika peserta didik kelas V MI Darul Ulum Sumanding Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darul Ulum Sumanding Tahun Pelajaran 2020/2021 dan guru mata pelajaran Matematika. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang berkemampuan tinggi lebih baik dari peserta didik yang berkemampuan sedang dan rendah. Peserta didik berkemampuan tinggi dapat menyelesaian soal tes dengan baik dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal serta menggunakan 2 cara penyelesaian juga menuslikan kesimpulan dari hasil yang diperoleh. Peserta didik berkemampuan rendah juga dapat menyelesaikan soal tes dengan baik. Ia menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, namun dalam menyelesaikan soal, ia hanya menggunakan 1 cara penyelesaian. Peserta didik berkemampuan rendah tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik. Ia tidak memahami soal dengan baik, serta tidak dapat menuliskan kesimpulan dari hasil yang telah diperoleh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 01:17 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 01:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5878 |
Actions (login required)
View Item |