Sari, Nela Eva (2021) Efektivitas Praktikum Biologi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Di Tengah Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (445kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (458kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (673kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (463kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (825kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (448kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (710kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah praktikum dan efektivitas praktikum di tengah pandemi. Subjek penelitian yaitu kelas XII MIA MA Miftahul Muda Tayu yang telah melaksanakan proses praktikum meski dimasa pandemi yaitu dengan tanpa tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak langsung dan dokumentasi. Hasil data yang terkumpul kemudian dianalisis mengikuti model Miles and Hubermen. Hasil penelitian (1) hasil observasi awal langkah-langkah praktikum yang dilakukan ketika pandemi a) guru memberi informasi akan ada praktikum, b)kemudian guru menshre PDF, c) menjelaskan langkah-langkah praktikum, dan d) siswa melakukan praktikum mandiri dirumah. Hasil wawancara dengan siswa bahwa langkah-langkah praktikum a) siswa mendapat informasi akan adanya praktikum biologi b) siswa dibagikan panduan praktikum berupa file pdf dan dijelaskan melalui Whtasapp voice note c) guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya apabila ada yang belum difahami d) siswa melakukan praktikum secara mandiri di rumah.(2) Efektivitas praktikum ditengah pandemi yang di ukur menggunakan 4 menurut Mulyadi Prasetya menunjukan hasil yang positif bisa dilihat dari respon terhadap masing-masing indikator sebagai berikut: indikator pengetahuan terbukti,(85% efektif) indikator peningkatan aktivitas (30% efektif), indikator umpan balik yang baik (95% efektif), dan tes (85%efektif). Dapat disimpulkan bahwa praktikum yang dilaksanakan sudah efektif hanya ada satu indikator yang belum efektif yaitu kaitannya dengan peningkatan aktivitas peserta didik. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk meningkatkan kualitas praktikum ditengah pandemi sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, praktikum biologi, pandemi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 02:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5892 |
Actions (login required)
View Item |