Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Di SMP 2 Mejobo

Fitriana, Fitriana (2021) Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Di SMP 2 Mejobo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (983kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (590kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (459kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (785kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (694kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (885kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi layanan BK dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di SMP 2 Mejobo, antara lain; (1) Karakter siswa di SMP 2 Mejobo (2) Implementasi layanan bimbingan dan konseling (3) Peran implementasi layanan bimbingan dan konseling dan (4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di SMP 2 Mejobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Karakter siswa di SMP 2 Mejobo siswa sudah terbentuk dengan cukup baik dan kebiasan yang sudah tertanam dengan berpedoman dengan aturan tata tertib sekolah. Kedua, Implementasi layanan BK dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui program BK dan layanan orientasi, layanan klasikal, konseling individual, layanan penempatan dan penyaluran, layanan bimbingan belajar, dan layanan konsultasi. Ketiga, Peran implementasi dalam mengembangkan pendidikan karakter di SMP 2 Mejobo yaitu; guru pembimbing sebagai pendidik, guru pembimbing sebagai konselor, guru pembimbing sebagai konsultan, guru pembimbing sebagai panutan/contoh, guru bidang studi menyelipkan nilai-nilai pendidikan karakter, guru wali kelas sebagai penjembatan siswa dengan guru pembimbing. Keempat, faktor penghambat implementasi layanan BK dalam mengembangkan pendidikan karakter di SMP 2 Mejobo antara lain: Koneksi jaringan tidak terjangkau, Kesalahpahaman hubungan guru bidang studi dengan guru pembimbing, Terjadinya miskomunikasi orang tua siswa, dan Pandangan negatif siswa tentang BK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:58
Last Modified: 19 Nov 2021 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item