Efektivitas Konseling Behavioral Melalui Teknik Reframing dalam Mengembangkan Kontrol Emosi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kragan Rembang

Wati, Dwi Wahyu Setya (2021) Efektivitas Konseling Behavioral Melalui Teknik Reframing dalam Mengembangkan Kontrol Emosi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kragan Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kontrol emosi peserta didik, dan seberapa efektif konseling behavioral melalui teknik reframing dalam mengembangkan kontrol emosi peserta didik di SMP Negeri 2 Kragan Rembang. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, dengan sumber data yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dan pendekatannya True experimental. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kragan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol 8 dan kelompok eksperimen 8 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket kontrol emosi. Validitas instrument menggunakan rumus product moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel=0,284). Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus alpha dan menunjukkan angka 0,904. Sehingga dapat dinyatakan bahwa angket yang digunakan adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Normalitas Kolmoglorov Smirnov, Uji Homogenitas, serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Teknik Uji Paired Samples T-test. Dengan hasil penelitian setelah data-data terkumpul dan dianalisis penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Hasil dari perolehan penyebaran angket diperoleh hasil dengan kriteria kontrol emosi tinggi dengan presentasi 18%, sedang 28%, dan rendah 54%. 2) Hasil yang diperoleh peneliti sebelum diberikan layanan konseling behavioral melalui teknik reframing, mean pre-test kelompok eksperimen sebesar 85,00% kelompok kontrol sebesar 86,12%, sedangkan sesudah diberikan layanan tingkat kemampuan kontrol emosi peserta didik meningkat sebesar 21,5% dan 6,88%, dimana mean post-test sebesar 106,50% dan 93,00%. Dari hasil Uji-t diperoleh thitung sebesar 6,143 > ttabel 2,306, berdasarkan hasil Uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioral melalui teknik reframing di kelas VIII SMP N 2 Kragan dapat mengembangkan kontrol emosi peserta didik daripada sebelum diberikan layanan. Sehingga pemberian layanan konseling behavioral melalui teknik reframing dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan berbagai kompetensi kepribadian yang ada dalam diri individu termasuk untuk mengembangkan kemampuan kontrol emosi peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Emosi, Reframing, Layanan Konseling Behavioral
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:19
Last Modified: 19 Nov 2021 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item